Laman

Thursday 3 June 2010

5 Ekor Monyet

Dalam suatu penelitian yang dilakukan oleh para profesor di USA, ada 2 ekor monyet yang dimasukkan kedalam satu ruangan kosong secara bersama-sama. kita sebut saja monyet tersebut monyet A dan B. di dalan ruangan tersebut terdapat sebuah tiang, dan diatas tiang tersebut nampak beberapa pisang yang sudah matang. Apa yang akan dilakukan oleh 2 ekor monyet itu menurut anda???
 
Setelah membiasakan diri dengan keadaan lingkungan di dalam ruangan tersebut, mereka mulai mencoba meraih pisang-pidang tersebut. Monyet A yang mula-mula mendekati tiang. Begitu monyet A berada di tengah tiang, sang profesor menyemprotkan air padanya, sehingga terpeleset dan jatuh. Monyet A mencoba lagi, dan di semprot, jatuh lagi, demikian berkali-kali sampai akirnya monyet A menyerah. Giliran berikutnya monyet B yang mencoba, mengalami kejadian serupa, dan akhirnya menyerah pula.
 
Berikutnya didalam ruangan di masukan monyet C. yang menarik adalah, para profesor ridak akan lagi menyemprot para monyet jika mereka naik. Begitu si monyet C mulai menyentuh tiang, dia langsung ditarik oleh monyet A dan B. Mereka berusaha mencegah,agar monyet C tidak mengalami kesialan seperti mereka. karena dicegah terus dan diberi nasehat tentang bahayanya bila mencoba memanjat keatas, monyet C akhirnya takut juga dan tidak pernah memanjat lagi.
 
Langkah selanjutnya yang dilakukan profesor adalah mengeluarka monyet A dan B, serta memasukan monyet E dan D. Sama seperti monyet-monyet sebelumnya, monyet D dan E juga tertarik dengan pisang diatas tiang dan mencoba memanjatnya. Monyet C secara spontan langsung mencegahnya agar tidak naik."hai mengapa kami tidak boleh naik? Protes keduanya"
 
Ada temen-temen yang memberi tahu saya, bahwa naik keatas situ berbahaya, saya juga tidak tahu, ada apa diatas, tapi lebih baik cari aman saja, jangan keatas deh "jelas monyet C. Monyet D percaya dan tidak berani naik, tapi tidak demikian dengan monyet E yang memasang bandel. "saya ingin tahu, bahaya seperti apa sih, yang ada diatas..dan kalau ada bahaya, masak saya tidak bisa menghindarinya? "tegas monyet E. walaupun sudah di cegah oleh monyet C dan D, monyet  E nekat naik....

RENUNGAN CERITAPara pembaca yang setia...
Manakah diantara karakter di atas yang menggambarkan tingkah laku anda saat ini?

Karakter A dan B adalah karakter orang yang pernah melakukan sesuatu, dan gagal. karena itu mereka kapok, tidak akan mengulanginya lagi. Dan berusaha mengajarkan pada orang lain tentang kegagalan tersebut. Mereka tidak ingin orang lain gagal seperti mereka. Karakter C dan D adalah karakter orang yang menerima petunjuk dari orang lain, hal-hal apa yang tidak boleh dilakukan, dan mereka mematuhinya tanpa berani mencobanya sendiri. Karakter E adalah type orang yang tidak mudah percaya pada sesuatu, sebelum mereka mencobanya sendiri. Mereka juga berani menentang arus dan menanggung resiko asalkan bisa mencapai cita-cita mereka.

Pisang dalam cerita di atas menggambarkan cita-cita dan impian kita. Setiap orang dalam hidup ini pasti punya impian yang tinggi tentang masa depannya. Namun sayangnya, banyak sekali hal-hal yang terjadi di sekitar kita, yang menyebabkan impian kita terkubur. Orang-orang dengan katakter A,B,C,D akan mengatakan kepada kita hal-hal seperti ini "sudahlah, jangan melakukan pekerjaan yang sia-sia seperti itu, percuma, saya dulu pernah melakukannya berkali-kali dan gagal. Sebagai seorang temen yang baik, saya tidak mau kamu gagal seperti saya" atau mungkin kalimat "kamu mau gagal kayak si X....lebih baik lakukan sesuatu yang pasti-pasti saja deh". bukankah hal-hal seperti itu yang sering kita dengar sehari-hari??

Orang dengan karakter E selalu berpikir optimis dalam menjalankan sesuatu. "kalaupun orang lain gagal melekukan sesuatu, belum tentu saya akan gagal" adalah kekuatan yang selalu memompa motivasinya. Dengan kegagalan orang lain dapat di pelajari dan di jadikan batu loncatan untuk melangkah lebih baik, bukannya dijadikan suatu kekuatan.
 
Saya akan memberikan suatu ilustrasi lagi. Saya akan membawa anda ke tahun 70-an. Apa yang akan anda lakukan, apabila suatu hari ada mahasiswa yang memakai celana jeans, kacamata tebal, bertampang culun, bajunya lusuh, datang menemui anda dan berkata "saya punya suatu produk yang bagus, tapi saya tidak punya modal. mau gak pinjamin saya modal 100 dolar? kalau produk ini seukses kita bakal jadi orang yang paling kaya di dunia ini lho."
 
Hampir semua akan menghina dan menertawakan mahisiswa tersebut, bahkan menganggapnya gila. Berapa orang yang akan menjawab "wow, bagus sekali, coba jelaskan apa rencana anda, agar kita bisa sama-sama kaya?" mungkin satu orang diantara sejuta, mungkin juga tidak ada.

Bagaimana kalau saya katakan mahasiswa itu adalah bill gates, yanfg kini sudah mencapai impianya menjadi orang terkaya di dunia??

Bukankah itu yang dilakukan bil gates pada awal karirnya. di kelilinngi orang type ABCD, ditolak, dilecehkan, dan berbagai macam hinaan lainya. Untungnya bil gates type orang dengan karakter E. dan dengan pengorbanan dan kerja keras, dia berhasil meraih impianya..
 
Para pembaca yang setia saya yakin anda semua adalah orang-orang type E. Setidaknya anda mau begabung disisni untuk belajar bersama, bebagi bersama, dan maju sertasukses bersama. Jangan biarkan orang lain membunuh impian anda. Maju terus, hadapi semua rintangan dan raih impian anda..

good luck....god bless

No comments:

Post a Comment