Laman

Saturday, 22 May 2010

Sabar Menurut AL-QUR'AN

Pada kesempatan kali ini kita akan mendiskusikan tentang kesabaran yang merupakan salah satu kunci sukses dalam hidup. Kata sabar cukup simpel dan mudah untuk diucapkan namun sangat sulit untuk dilakukan, Untuk itu perlu dilatih sejak dini agar kita tidak rugi karena respon atau tindakan kita yang diluar kendali diri kita. Islam selalu mengajarkan manusia agar selalu sabar dalam segala hal seperti yang tercantum didalam Al-Qur'an berikut:
artinya: Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.
surah diatas hampir selalu kita baca setiap hari disetiap akir majelis,kutbah jum'ah dan kegiatan yang lain. dalam surah tersebut sangat jelas bahawa manusia itu dalam keadaan rugi, siapakah manusia yang tidak rugi yaitu orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran. Point penting yang ingin saya bahas adalah kesabaran seperti judul artikel ini. dalam ayat tersebut kata sabar diletakkan dalam urutan paling akir, hal ini bukan sekedar kebetulan karena al-qur'an disusun sangat teratur mulai dari keindahan bahasa,urutan dan tata letak kata benar-benar diperhatikan agar memiliki makna yang sesuai. Tentunya bukanlah hal yang mudah untuk saling menasehati sesama manusia karena tingkat pengetahuan serta daya nalar setiap muslim berbeda-beda. Jadi hal yang paling penting kita lakukan amal saleh sebaik dan semaksimal kemampuan kita, saling menasehati dalam kebenaran setelah segalanya telah kita lakukan maka giliran yang terakir adalah kita harus sabar dalam melakukan hal itu semua. Karena jika tidak dilandasi rasa sabar tidak akamn mungkin kita bisa iklas dalam beribadah dan saling mengingatkan dengan sesama muslim.