Laman

Saturday, 22 May 2010

Fitur dalam MATLAB untuk Sistem Kontrol

Bagi pembaca yang suka bermain dengan dengan MATLAB saya coba membagi pengetahuan tentang bagaimana cara menggunakan MATLAB kususnya untuk aplikasi simulasi dan desain sistem kontrol. Untuk bekerja dengan MATLAB kita bisa menggunakan beberapa pilahan diantaranya:
  1. Matlab (*.m): Jika kita menggunakan pilihan yang pertama kita berkerja dengan "text code" seperti layaknya programing. Tentunya hal ini tidah mudah jika diterapkan terhadap model yang sangat kompleks, Namun kelebihanya kita tau secara detail proses step by stepnya. Keuntungan lain mudah dalam mengedit gambar atau grafik.
  2. Simulink (*.mdl): Untuk pilah kedua ini kita berkerja dengan blok-blok yang sudah ada di MATLAB dan tinggla memakainya. kita tinggal membuat skematik dari alur logikanya. kekurangnya adalah kita tidak bisa secara mudah untuk merubah parameter-parameternya dan tidak bisa mengedit gambar atau grafik yang dihasilkan.
  3. Matlab (*.m) + Simulink (*.mdl): Ini adalah Pilihan yang paling baik untuk digunakan. Karena kita berkerja dengan mengkombinasikan fitur pertama dan kedua. Pertama kita buat skematik dengan simulink kemudian parameter dan plot gambar kita kerjakan melalui M-file (*.m).
Tentunya temen-temen yang masih belajar MATLAB masih bingung tentang fitur yang saya jelaskan diatas untuk itu perlu contoh dan latiah sehingga bisa tahu lebih jauh.
untuk detail contoh dan tutorial silahkan klik link berikut:Tutorial MATLAB
SELAMAT MENCOBA