Laman

Friday, 9 December 2016

Cara Menggunakan Fungsi "IF" Pada Microsoft Excel

Meskipun sering menggunakan microsoft excel namun tidak banyak yang mengetahui bagaimanakah cara penggunaan fungsi "IF" pada excel. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi serta memberikan contoh penerapan penggunaan fungsi "IF".

Fungsi IF pada excell adalah suatu fungsi dimana ketika suatu kondisi memiliki suatu prasyarat tertentu sehingga kondisi tersebut dinyatakan terjadi atau tidak. Untuk lebih mudahnya simaklah contoh berikut ini.


Perhatikan pada tabel kedua di atas terutama pada kolom Result pada kolom tersebut saya menginginkan suatu kondisi dimana akan menhasilkan pernyataan "OK" jika Pa > Pwe dan akan muncul pernyataan "TDK OK" jika tidak memenuhi prasyarat tersebut. Pada kondisi seperti ini dan sejenisnya fungsi IF sangat bermanfaat untuk para pengguna excel terutama untuk penerapan di dunia engineering atau akutansi dan sebagainya.

Langkah penggunaan adalah sebagai berikut:
  1. Ketik '=' pada kotak yang kita terapkan function IF. Kemudian ketik IF dan beri kurung buka maka akan muncul sebagai berikut. "logical_test" merupakan prasyarat yang harus dipenuhi jika suatu kejadian dapat terjadi, "value_if_true" merupakan kejadian yang akan terjadi jika persyaratan pada logical test terpenuhi dan "value_if_false" jika persyaratan tidak terpenuhi.
  2. Untuk contoh pada dua tabel diatas maka fungsi yang saya buat adalah seperti pada gambar berikut. Perhatikan untuk pemisah pada tiap keadaan, bisa menggunakan ";" atau "," tergantung excel yang anda punyai, bisa dicoba salah satu atau dua-duanya. Dan yang tidak kalah penting adalah penggunaan tanda "....." jika pernyataan atau value merupakan suatu text biasa dan bukan suatu fungsi maka dapat menggunakan tanda tersebut seperti yang saya gunakan. Namun, jika value merupakan suatu fungsi maka tidak perlu menggunakan tanda tersebut.

Demikian sharing yang dapat saya berikan, semoga memberikan manfaat pagi pengguna excel terutama penerapan fungsi IF. Selamat mencoba....!!!!