Laman

Sunday, 5 June 2011

Hakekat Harta Yang Sesungguhnya

(Source: http://ajarkanlahcinta.blogspot.com/)




Ketika mendengar kata 'HARTA' mungkin sebagian orang akan berfikir tentang uang, rumah, mobil, perhiasan, dan banyak kekayaan-kekayaan duniawi lainya. mungkin tidak banyak dan sangat jarang di antara kita yang pernah merenung dan berfikir tentang apa sebenarnya hakikat dari harta itu. seperti apakah kita memperlakukan harta kita, seperti apakah membelanjakan harta kita dan banyak hal lainya. Tentu hal tersebut tidak akan berjalan dengan baik dan sesuai denga ajaran islam jika tidak pernah terbesit di pikiran kita untuk mengetahui apa sebenarnya hakekat harta yang sesungguhnya.
Pada dasarnya 'Hakekat Harta' dapat di bagi menjadi 3 (Tiga) bagian yaitu :
1. Semua Hata yang Kita Makan Pasti Akan Musnah.
Marilah kita renungkan hakekat harta yang pertama yaitu di mana semua yang kita makan pasti akan musnah. Setiap hari kita bekerja keras memeras keringat dan membanting tulang untuk mendapatkan uang/harta. ketika kita mendapatkan upah/uang sebagai imbalan jerih payah dan kerja keras kita bisa di pastikan yang terlintas di benak kita yang pertama adalah 'Apa yang akan kami makan?'. Bisa di pastikan tujuan pertama kali setiap orang kerja keras mencari uang/harta adalah untuk memenuhi apa yang akan di makan. Tahukan rekan pembaca sekalian, bahwa semua yang kita makan pasti akan musnah dan hancur. Itulah yang di namakan hakekat harta yang pertama. Baik kita makan sate, ayam bakar, soto, rendang, roti dan makanan paling lezat dan enak sampai makanan paling tidak enak semuanya akan hancur setelah kita makan. Semua jenis makanan tersebut hanya sekejap kita menikmatinya yaitu ketika berada di mulut kita semua. Namun setelah masuk ke dalam keringkongan kita tidak ada bedanya semua jenis makanan tersebut baik yang paling mahal maupun yang sangat murah sekalipun.

Maihkan kita sombong dan pamer dengan harta yang kita miliki??, masihkan tidak ada rasa peduli terhadap saudara-saudara kita yang kelaparan tidak bisa makan enak. Marilah kita sadarkan pada diri kita bahwa seperti apapun dan sebesar apapun harta yang kita makan akan musnah. Untuk itu janganlah kita menjadi sombong dan merasa paling banyak harta dan tidak mau berbagi dengan saudara kita yang lain.

2. Semua Harta yang Kita Pakai Akan Usang/Lusuh.

Hakekat harta yang ke-2 adalah semua harta yang kita pakai pasti akan usang. Setelah terpenuhi keinginan dan kebutuhan makan psti yang tersirat di benak kita semua ketika kita memiliki uang lebih adalah ingin membeli rumah, mobil, pakaian, emas, berlian, handpone yang bagus, dan banyak hal yang lainya. Taukah saudaraku sekalian bahwa semua harta benda yang kita pakai pasti akan usang, untuk itu tidak ada alasan bagi kita untuk menjadi orang yang sombong dan menumpuk-numpuk harta dan tidak mau berbagi. Sudah punya rumah bagus masih beli lagi yang lebih bagus dengan dalih untuk anak-anak saya kelak. Apakah kita tidak sadar bahwa sebagus apapun rumah yang kita bangun sekarang lambat laun akan keropos, karatan dan rusak di makan waktu, bisa jadi ketika anak-anak kita besar nanti mereka tidak mau untuk menempati rumah yang sudah susah payah kita siapakan merek bisa di pastikan akan bilang 'Pak Bu rumahnya sudah kuno dan tidak tren lagi jadi saya mau beli rumah baru saja'. Ya seperti itulah yang akan terlintas. Begitupun mobil yang kita pakai, baju, jam tangan mewah dan lainya. di jaman dahulu mobil di angap mewah dan luar biasa namun ketika di zaman sekarang mobil-mobil di tahun 70-an, 80-an di anggap barang rongsokan dan butut tidak layak di pakai.
untuk itu marilah kita hayati bersama dan jangan samapai kita menjadi seorang hamba yang gila pada harta dunia yang notabene bisa di pastikan akan usang. Marilah kita berbagi dan jangan sampai kita di sibukan menumpuk harta sehingga kita melalaikan ibadah kita, sok sibuk untuk tidak datang ke majelis taklim, dengan dalil sibuk menunda sholat, mendengar adzan masih asik bermain-main dengan harta kita. Ingat saudaraku sekalian semuanya akan usang..!!!!

3. Semua Harta yang Kita Sedekahkan Akan Kekal.
Inilah hakekat harta yang ke-3 di mana harta yang kekal dan akan setia menemani kita sampai kita di dunia dan akhirat kelak insyaallah. Semua harta yang kita sedekahkan tidak akan hancur dan tidak akan usang di makan oleh waktu. Justru akan semakin besar dan semakin banyak dari hari ke hari. Harta inilah yang akan menyelamatkan kita dari siksa kubur dan akan mengajak kita menuju syurga Allah azza wajalla.
Harta yang kita sedekahkan akan berubah menjadi amal dan akan membantu dan menyelamatkan kita kelak. Rekan sekalian pasti sudah tahu bahwa ada tiga hal yang akan mengantarkan kita menuju liang kubur, yaitu: Harta kita, Saudara/keluarga kita, dan yang ketiga adalah amal kita. Dimana di antar ketiganya yang dua pulang kembali dan tidak mau menemani kita yaitu semua harta dan keluarga kita akan kembali dan yang setia menemani kita adalah amal kita.
Untuk itu marilah kita berlomba-lomba untuk bersedekah dengan harta kita, jangan samapi kita menjdai orang yang tamak terhadap harta. Karena semua yang kita makan akan musnah dan hancur dan semua yang kita pakai akan usang dan harta yang kita sedekahkan akan kekal dan setia menemani kita sampai di akhirat kelak.

Sekian dulu semoga apa yang sempat saya tuliskan ini menjadi pengingat selalu buat saya pribadi dan buat rekan sekalian. Bahwa kita hidup di dunia ini harus selalu berbagi satu sama lainya..
Bekasi 50M3N_49