Laman

Monday, 22 February 2010

Jumlah Orang Kaya RI Minim Karena Jiwa Wirausaha Rendah


Rabu, 10/02/2010 13:45 WIB
Jumlah Orang Kaya RI Minim Karena Jiwa Wirausaha Rendah
Suhendra - detikFinance 



Wirausaha Indonesia (dok detikFinance)


Jakarta - Jumlah orang kaya di Indonesia tercatat kurang lebih mencapai 23.000 orang dengan jumlah penduduk mencapai 210 juta lebih. Sedangkan jumlah orang kaya di Singapura mencapai 77.000 orang dengan jumlah penduduk hanya mencapai 5 juta orang.
Hal ini disampaikan oleh Ketua Indonesian Islamic Business Forum (IIBF) Heppy Tranggono dalam acara Temu Nasional Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (10/2/2010).
Heppy mengatakan berdasarkan hasil riset Merryl Lynch, jumlah orang kaya di Indoneia mencapai 23.000 orang dari  jumlah penduduk 210 juta orang, sedangkan Amerika Serikat dengan jumlah penduduk 300 juta orang mampu menghasilkan 413.000 orang kaya dan Singapura dari 5 juta penduduk menghasilkan 77.000 orang kaya.
Dikatakannya, sedikitnya orang kaya di Indonesia dibandingkan dengan negara lain karena tingkat kemampuan kewirausahaan atau entrepreneurship- nya masih rendah. Biasanya kemampuan entrepreneurship berbanding lurus dengan kekayaan seseorang.
"Ini lah yang membuat jumlah orang kaya di Indonesia sangat sedkiit," katanya.
Ia juga mengatakan keberhasilan entrepreneur di Indonesia sangat sedikit alias banyak yang gagal dari pada yang berhasil. Entrepreneur yang tercipta lebih banyak terjadi karena 'kecelakaan' atau tidak sengaja atau terbentuk karena kondisi hidup seseorang.
Sementara di negara-negara lain seperti China wirausaha terbetuk karena direncanakan melalu program (by design) oleh pemerintahnya.
Ia menjelaskan rendahnya tingkat keberhasilan sebuah bisnis di Indonesia sangat sering terjadi. Menurutnya banyak pelaku wirausahawan Indonesia 50% tutup sebelum 2 tahun, 80% tutup sebelum 5 tahun, 96% tutup sebelum 10 tahun.
"Entrepreneurship ujung-ujungnya adalah membangun kekayaan, keluarga, negeri," katanya.